Januari emang waktunya buat jalan – jalan. Setelah ke Padang, kita siap terbang dan liburan ke Negara Tetangga sekarang.

Asseeekkkkkk…..!!!

Liburannya gak lama kok, dari tanggal 23 s.d 28 Januari 2013. Jadi, gak semua tempat wisata yang ada disana bisa dikunjungi soalnya dibagi – bagi waktunya biar efisien…(gayaaaa…😀 )

Yang pergi liburan lumayan banyak, ada 8 Orang. Jadi bisa happy dan susah bareng😀

23 Januari 2013

Terbang dari Medan to Penang.

Karena kita ngambil jadwal penerbangan sore, jadi tanggal 23 Cuma dihabiskan buat makan malam dan tidur di penginapan doang. Lumayan capek soalnya, habis ngantor langsung terbang.

Tiket Medan – Penang : ± Rp. 230.000,- / Orang
Penginapan di Burmahtel : RM 90 / kamar
Makan Malam di Rumah Makan India : RM 7 / orang

24 Januari 2013

Mulai dari jam 8 pagi langsung Check out. Di Penang kami rental mobil buat jalan – jalan biar ga ribet, soalnya ada 1 anak kecil. Kalau nunggu Rapid kelamaan waktunya, gak Efisien. Berikut tempat – tempat yang di kunjungi :

Kek Lok Si Temple

Kek Lok Si Temple ialah salah satu tempat wisata yang ada di Penang, Malaysia. Tempat wisata relijius ini berada di sebuah bukit yang cukup indah. Kuil Budha ini dibangun satu abad silam dengan mengandalkan arsitektural yang sedikit rumit. Ornamen-ornamennya sendiri banyak mengadopsi gaya Thailand dengan ornamen-ornamen khas Chinanya yang kental.

kek lok si 1

Botanical Garden

Penang Botanical Garden berada di Jalan Kebun Bunga, Pulau Pinang, Malaysia. Didalamnya ada empat rumah kaca yang digunakan untuk budidaya bunga hias, pakuan, anggrek, dan kaktus. Kita bisa menggunakan kereta mini untuk mengelilingi Botanical Garden ke beberapa spot menarik yang ada disana. Tarif untuk kereta mini cukup murah RM 2 untuk orang dewasa dan RM 1 untuk anak-anak.

botanical garden

Benteng Fort Cornwallis

Fort Conwallis merupakan salah satu situs tertua di Penang dan dibangun pada tahun 1786. Pada saat Kapten Francis Light menguasai Pulau Penang dari Sultan Kedah, untuk Kerajaan Inggris. Benteng ini terletak disebelah Jam Memorial Victoria di Georgetown, Penang.

fort corn

Masjid Kapitan Keling

Nama “Kapitan” sendiri berasal dari nama penggagasnya Kapten Cauderr Mohudenn. Bahan-bahan bangunan yang digunakan untuk pembangunan masjid ini sendiri didatangkan langsung dari India. Masjid ini menggunakan gaya arsitektur khas Timur Tengah yang kental. Masjid yang indah. Sanitasinya sangat baik, tempatnya bersih, toilet dan tempat wudhunya terpisah antara laki – laki dan perempuan. Bagi yang berhijab, dijamin hijabmu terlindungi saat berwudhu.

Jangan lupa disempatkan sholat berjamaah di mesjid ini yaaa…?😉

kapitan keling

Komtar

Tempat beli oleh – oleh mulai dari barang branded sampe yang murah juga ada. Harga cukup bersaing, apalagi untuk barang seperti sepatu dan tas.

Sarapan pagi di KFC : RM 15 / orang (harga tergantung selera😀 )
Rental Mobil : RM 245 (Via Komtar, On the Spot)
Tiket masuk ke tempat wisata (Kek Lok Kek Lok Si Temple, Botanical Garden, Benteng Fort Cornwallis) : RM 6 / orang
Makan Siang (bungkus, soalnya waktunya mepet dengan keberangkatan Van) : RM 3
Jajan gorengan Seafood + Jus : RM 3

Lanjut perjalanan ke Phuket. Milih jalan darat, karena mau merasakan lewat Penang Bridge. Perjalanan dilanjutkan dengan Van, tapi Cuma nyampe Hat yai. Dari Hat yai ke Phuket naik Bus, disarankan kalau Busnya bertingkat lebih baik ambil yang dibawah biar goncangannya ga gede.

Penang – Hat yai : RM 30 / orang
Hat yai – Phuket : 376 Baht / orang

25 Januari 2013

Nyampe terminal jam 3 pagi. Terminal ada di Phuket town, sedangkan pusat keramaian ada di Patong (Sekitar 20 km). Lanjut rental mobil ke Patong. Ternyata orang – orang di Phuket kebanyakan belum pada tidur jam segitu. Lumayan rame kehidupan malamnya. Karena nyampenya kepagian, mau ga mau harus sewa kamar lagi buat istirahat dan nyimpan barang sambil nunggu check in kamar yang udah di pesan.

Kalau mau sarapan pagi, disarankan jam 9 ke atas. Soalnya restaurant dan rumah makan disana bukanya agak siang. Agak susah kalau nyari sarapannya dibawah jam segitu.

Maklum,,,,mereka kebanyakan begadang…😀

Sediakan budget lebih untuk makan, soalnya makanan disini agak high price. Harap dimaklumi, kota turis. Walau mata uangnya Bath, patokan harga makanannya pake dollar kali yahhh…jadi lumayan muahal😀

Setelah sarapan, lanjut jalan – jalan nyari oleh – oleh sambil nyari paket Tour Phi – Phi Island dan rental mobil buat jalan – jalan keliling Phuket.

Transport terminal – Patong : 800 Baht
Penginapan di Thaweewong Guesthouse : 1200 Baht / kamar
Sarapan pagi : 300 Baht / orang

Selesai sholat & makan siang, lanjut jalan – jalan keliling daerah Phuket. Untuk menghemat waktu, lagi – lagi kami rental mobil. Soalnya kalo pake kendaraan umum agak repot & makan waktu. Disepanjang jalan di Patong bejibun agen penjual tiket wisata dan rental mobil, jadi nyantai Sob😀

Di Phuket lumayan banyak tempat wisata yang kami kunjungi, mulai dari tempat beli oleh – oleh (tetep…dimana – mana yang dicari oleh- oleh😀 ) sampai tempat bersejarah.

Jungceylon Mall

Ini tempat pertama yang dikunjungi. Mall nya cukup gede, tapi lumayan sepi. Bagi saya mengunjungi mall ga begitu penting, soalnya dimana – mana banyak mall. Keunikan mall ini menurut saya terletak pada patung super hero yang dipajang, patungnya terbuat dari besi dan rangkaian rantai. Cuma itu doang yang buat saya tertarik.

Jungceylon Mall

Sri Bhurapha Orchid

Tempat beli oleh – oleh kacang Mede. Disini kita bias melihat proses pengolahan kacang mede, mulai dari cara membuka sampai pengemasannya. Berbagai rasa kacang mede olahan dan manisan banyak dijual disini. Tapi, saya ga jamin soal kehalalannya.

Sri Bhurapha Orchid

Wat Chalong

Wat Chalong adalah kuil bersejarah terbesar di Phuket. Bila belum mengunjungi Wat Chalong, Anda bisa dikatakan belum sampai di Phuket (katanya gitu…). Wat Chalong terletak di Tambol Chalong (atau Kecamatan Chalong) di Distrik Mueang Phuket. Kuil ini didedikasikan untuk dua biksu, Luang Pho Chaem dan Luang Pho Chuang. Dibangun pada 1837, kuil ini meyimpan banyak sejarah dan legenda. Diceritakan bahwa kuil dan para biksunya memegang peranan penting dalam pertempuran melawan pemberontakan Angyee di tahun 1876 pada masa pemerintahan Raja Rama V.

Di sekitar wat Chalong juga banyak penjual souvenir dan es kelapa muda yang fresh. Yang jelas ini tempat yang unik untuk dikunjungi.

Wat Chalong

Big Buddha

Sesuai dengan namanya, disini kita bisa lihat patung Budha yang Guedddeeee Buanggeettt…😀

Ada juga yang jualan souvenir khas Thailand, tp harganya lumayan agak lebih mahal dari biasanya. Ada kepercayaan unik yang dilakukan orang – orang disini. Yaitu mengelilingi susunan mangkok yang terbuat dari tanah liat sambil memasukkan uang receh ke dalam setiap mangkoknya. Entah apa maksud dan tujuannya, yang jelas bagi saya itu termasuk hal unik tapi ga perlu ditiru😀

Disepanjang jalan menuju Big Budhha banyak tempat wisata seperti tempat penangkaran gajah dan Go car.

Big Buddha

Karon View Point

Disini kita bisa lihat Phuket secara keseluruhan dan  Pulau – pulau yang ada disekitarnya. Lumayan romantis untuk suami istri. Pemandangannya juga cukup bagus untuk menyejukkan mata dan menenangkan hati..(Ups…lebeyy dikit ) Lebih enak lagi, kalau kesininya agak sorean dikit, biar bisa sekalian lihat Sunset.

Di sepanjang jalan dari Karon View Point ke Thaweewong kita bisa melihat pemandangan pantai yang indah. Apalagi kalau sore, sunsetnya cantik🙂

Karon View Point

Rental mobil untuk 6 jam : 1500 Baht
Jajan Siang (sesuai selera) : +/- 100 – 200 Baht
Makan malam di Restaurant India : +/-150 – 300 Baht

26 Januari 2013

Horrrreeeeee……..

phi2

Waktunya keliling Phi – Phi Island, Seharian maen air.

Seneng banget, sensasi boat yang buat jantung deg – deg seeerrr dan pemandangan yang ga ada dua cantiknya membuat kita ga bosan seharian main di pantai, pantai dan pantai lagi😀

Tempat yang kami kunjungi di Phi – Phi Island diantaranya Viking Cave (Lokasi yang pernah di pake syuting Pirates of the Caribean), Phi – phi Don, Loh Sama Bay, Maya Bay (tempat syuting abang Leonardo di Film Beach), Monkey Beach & Khai Beach.

Phi - phi Island

Ga susah cari paket tour keliling Phi – Phi Island, soalnya disepanjang jalan di daerah Patong bertebaran agent trevel yang melayani jasa ini. Paket tour yang kami pilih udah Include semuanya, mulai dari transport hotel menuju pelabuhan, speed boat, peralatan snorkeling, makan siang, soft drink & buah, Guide yang ramah dan bersahabat, sampe transportasi ke terminal bus menuju Bangkok udah masuk itungan juga.

Dan malam haripun, kami habiskan diatas Bus…..Lanjut ke Bangkok.

(Cappeeekkk…HooaammmzzZZzzz)

phi2 island

Phi – Phi Island Tour by Speed boat : 1200 Baht / orang
Bus Phuket – Bangkok : 1000 Baht / orang

27 Januari 2013

Nyampe Bangkok langsung naik Tuk – tuk ke Chatuchak. Untuk kalian yang dari Phuket ke Bangkok naik bus,Usahain berhenti di terminal mo chit, karena nih terminal berada di dalam kota bangkok. Jangan ampe keliru ama southern terminal yang ada diluar kota. Ternyata Chatuchak ramenya siang hari. Lanjut aja, nyari sarapan disono. Ada makanan halal seperti pasembur rojak yang ada di Penang. Lagi – lagi nyampenya kepagian, dari pada bengong di Chatuchak, akhirnya kami putuskan untuk ke penginapan. Bisa di tebak, nyampe penginapan kamarnya belum dibersihkan gara – gara waktu check in kamar jam 12. Marreeee… nunggu lagi😀

Disekitan Samran Place hotel, ada daerah pemukiman islam, masjid dan tempat makan yang halal. Makanannya juga sesuai lidah orang Indonesia. Nama jalannya Petchburi 7. Jadi daerah ini recommended untuk kalian para muslimer

Hehehehehhehehe….

Selesai makan siang, lanjut jalan – jalan ke Grand Palace, Wat Pho dan keliling sungai Chao Phrya. Disarankan, rental mobil buat jalan – jalannya dipesan dari jauh – jauh hari. Soalnya kalau langsung On the Spot biasanya gak kebagian (Info lebih lanjut cari di Kaskus). Taxi di Bangkok sebenarnya murah, tapi itu Cuma berlaku untuk penduduk lokal. Kalo untuk Tourist, sopir taxi nya ga mau pake argo. Dan tarifnya, berkali – kali lipat dari tarif biasa. Jadi, kita harus pinter – pinter nawar biar ga dibohongi banget.

chao,pho,plc

Malam hari lanjut beli oleh – oleh. Nyari oleh – olehnya kalau bisa siang, soalnya tempat jual oleh – oleh udah pada tutup kalo malam, kecuali di Shukumvit road. Masih buka, tapi pemadangannya kiri kanan diskotik. Harus pinter – pinter nawar yaaa,,,biar ga ketipu.

Tempat pavorit untuk beli oleh – oleh di Bangkok sebenarnya pasar Chatuchak. Tapi sayang pas kesana ke pagian, jadi belum buka.

Transport terminal mo chit bangkok ke chatucak market by Tuk – tuk : 100 Baht (kemahalan)

Sarapan pagi : 20 – 75 Baht (tergantung selera)
Taksi chatucak market – samran place hotel : 100 Baht
Biaya BTS : 15 – 30 Baht (Variatif)
Makan siang + makan malam : 150 baht (tergantung pilihan)
Tiket ferry chao phrya : 40 Baht
Samran place hotel : 1027 Baht / kamar (Lagi diskon, booking by internet)
Tiket masuk ke Grand Palace, Wat Pho : 250 Baht / org

28 Januari 2013

Hari terakhir melancong. Cuma dihabiskan setengan hari, soalnya pesawat kami terbang pkl.16:10 waktu Bangkok. Setelah sarapan di daerah Petchburi 7, tujuan kami selanjutnya jalan – jalan ke Madame Tussauds. Tempat ini buka dari jam 10:00 – 21:00 waktu Bangkok. Tempat ini wajib masuk dalam daftar itinerary, soalnya di Asia hanya ada di Hongkong dan Bangkok. Tiap sudutnya merupakan tempat menarik untuk foto – foto (hehehehhehe….narsis mode is on). Patung lilin yang ada disana mirip dengan yang aslinya. Disana kita juga bisa membuat patung replica tangan kita dari lilin. 1 tangan harganya mulai dari 100 – 250 baht. Untuk pemesanan tiket Madame Tussauds lebih baik pesan Via Online, kalo on the spot lebih mahal, harga bisa 2x lipat dari yang Online. Ini link untuk beli tiketnya www.madametussauds.com. Kalau belinya pakai kartu kredit, jangan lupa dibawa waktu datang kesana. Soalnya di cek sama petugasnya. Jangan lupa paspor juga dibawa ya.

 madame 1

Museum Lilin ini terletak di lantai 6 Siam Discovery, Bangkok. Dapat di tempuh dengan berjalan kaki dari stasiun MRT Siam.

 madame 2

Habis jalan ke Madame Tussauds langsung balik ke hotel, Check out, lanjut ke Bandara. Makan siang di Bandara. Tapi, lebih baik bawa makanan sendiri. Soalnya di Bandara Mc.Donal nya jual babi. Bisa bikin hati was – was untuk ke halalannya. Cukup beli minum aja dsana, soalnya ga boleh bawa minum dari luar.

Sarapan pagi : 75 Baht
Tiket Madame Tussauds : 400 Baht (adult), 300 Baht (child)
Taksi hotel-bandara : 500 Baht
Biaya BTS : 15 – 30 Baht (Sekali jalan)

NB :

  • Siapin peta itinerary
  • Paspor Always On dalam tas
  • Sebelum pergi, searching bahasa Thailand untuk tempat – tempat umum seperti masjid, rumah makan halal, dll (orang thai kebanyakan gak bisa bahasa Inggris)
  • Belajar komunikasi menggunakan bahasa Isyarat😀
  • Pengaturan manajemen waktu harus baik

Enjoy your Holiday🙂

 

Komentar
  1. edward mengatakan:

    Kok gk ada foto ku ya yg du uploud. Btw Katanya di bangka bagus pantainya

  2. Ryan Mazz mengatakan:

    Lanjut ke Vietnam yok..

  3. yoes lia mengatakan:

    Mba, mau nanya dong, tour phi-phi nya apa namanya ya? Mulai jam brp sampai jam brp? Pengennya pagi2 sampe phuket lgsg lanjut tour phi-phi, maam lanjut ke bkk.
    Makasih sblmnya mba.
    Salam.
    Lia

    • Petualang ^_^ mengatakan:

      maaf baru bales mbak…kebetulan kemarin lupa nanya apa nama tour trevelnya. di pinggir jalan banyak kok mbak tour travel yang nawarin tour phi2 island.
      kemarin startnya jam 7an dijemput dari hotel, sampe jam 4 sore

  4. ina mengatakan:

    halo mbak…salam kenal…saya ina dr medan…saya suka baca blog mbak…ada yg mau sy tyn kan seputar brp jam perjlnan dr hatyai ke phuket?serta dr phuket ke bangkok juga brp jam kl naik bus?…tq

    • Petualang ^_^ mengatakan:

      dari hatyai ke phuket kira2 7 jam.
      kalo dari phuket ke bangkok kemarin kami dari pelabuhan di phi2 island ke terminal bus dulu, baru ke bangkoknya. sore jam 4 cabut dari pelabuhan, jam 3 pagi nyampe bangkok mbk.

      kl ga buru2 mau liburan, mending intip2 tiket Air Asia Phuket-Bangkok katanya murah,hampir sama kyk tiket bus

  5. utami mengatakan:

    mbak mohon info dong,
    ql dari penang ke phuket cari van sm bus nya dimana ya? trs berangkat nya jam brp ja?

  6. Sofia Ryeto mengatakan:

    assallamualaikum mba..saya sofie dr medan ingin menanyakan jarak antara penang ke phuket berapa lama,trus kalo mau sewa bus lgsg skitar hampir 20an carinya di komtar juga kah?terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s