Kota Batam adalah kota terbesar di Kepulauan Riau dan merupakan kota dengan populasi terbesar ke tiga di wilayah Sumatra setelah Medan dan Palembang. Kebetulan bulan Maret 2012 kemarin aku main ksana,, dan inilah tempat – tempat yang Aku rekomendasikan untuk kalian yang punya waktu terbatas disana.

Pulau Galang

Pulau yang termasuk bagian dari kota Batam ini menyumbang sejarah tersendiri untuk kota tersebut. Dahulu kala (caeee elllaa,,,mulai mendongeng),, saat Inggris menjajah Vietnam (belajar sedikit tentang sejarah ya…???) banyak penduduk Vietnam yang mengungsi ke kepulauan Galang (Jauh banget kan..??????). Namun di tahun 1996 penduduk Vietnam tersebut dikembalikan lagi ke negara Mereka. Sehingga tersisalah kampung Sepi yang dijadikan tempat Pariwisata di Pulau Galang yang lebih dikenal dengan nama Kampung Vietnam.

1.Vihara Quan Am Tu

Tempat pertama yang kami kunjungi di Pulau Galang adalah Vihara Quan Am Tu. Vihara ini diresmikan pada tanggal 10 Desember 1979 yang merupakan bantuan dari PBB untuk warga Negara Vietnam yang tinggal disana.

Image

Gerbang Vihara Quan Am Tu

Image

Bagian depan Vihara Quan Am Tu

2. Penjara Kampung Vietnam

    Tempat ini dulunya Markas Satuan Brimob Polri yang bertugas di Ex-Camp pengungsi Vietnam namun difungsikan juga sebagai tempat tahanan para pengungsi. Pengungsi yang ditahan ditempat ini adalah mereka yang mencoba untuk melarikan diri dari camp pengungsian dan bertindak kriminal. Seperti mencuri, memerkosa dan membunuh sesama pengungsi. Suasany di tempat ini cukup seram dan hening. Cukup memberikan kesan angker ditempat ini. hehehehehe…..

 Image

Ex – Penjara Kampung Vietnam


3. Museum

     Museum ini terletak diseberang Penjara Kampung Vietnam. Disini kita bisa melihat gambaran penduduk Vietnam yang di Pulangkan dari Pulau Galang. Museum ini juga berisi barang – barang peninggalan penduduk Vietnam seperti Patung – patung, barang kerajinan, foto 1000 wajah penduduk Vietnam dan peralatan rumah tangga.

Image

Patung dan Kerajinan peninggalan pengungsi vietnam

Image

Foto 1000 wajah Ex-penduduk Pulau Galang

Pantai Mirota

Terletak didekat jembatan 5 Barelang, Batam. Fasilitas untuk pengunjung disini cukup lengkap. ada Vila dan Gubuk – gubuk yang bisa disewa. Pemandangan pantainya Cantik. Lumayan buat ngilangin penatnya aktifitas yang membosankan.

Image

Villa di Pantai Mirota

Image

Pantai Mirota

Jembatan Balerang

   Ga ke Batam, klu belum menginjakkan kaki ke Jembatan Balerang. Jembatan yang baru selesai dibangun pada tahun 1998 atas prakarsa B.J. Habibie ini memiliki arsitektur unik, sekilas mengingatkan kita akan jembatan terkenal di Amerika Serikat. Selain keindahan bentuk jembatan itu sendiri, memandang ke arah laut dari ketinggian puluhan meter sambil melihat pulau-pulau kecil di sekitarnya adalah pengalaman yang sangat membekas di hati. Air laut yang terhampar bersih tak tercemar, dengan arus yang relatif tenang tanpa ombak, beserta warna birunya laut yang sangat alami, apalagi turut dihiasi dengan warna-warni sinar mentari di sore hari pasti akan membuat takjub siapa saja yang pernah berkunjung kesini.

Image

Ditengah Jembatan Balerang

   Selain itu, diatas jembatan ini juga banyak pedagang yang jualan makanan seperti rujak, kepiting, udang dan gorengan lainnya. Lumaayyyaaannn bisa sambil wisata kuliner ,,,hehhehehehe………..Image

Pose Penjual Kepiting Goreng di Jembatan Barelang

Golden Prawn, Bengkong

   Golden Prawn hotel & restaurant dan tempat wisata ini merupakan milik Tionghoa bernama “Abi” begitulah panggilan warga sekitar padanya. Di tempat ini kita bisa melihat miniatur rumah adat yang ada di Indonesia dari Sabang sampai Merauke dan Replika hewan dalam bentuk patung. Bagus juga untuk menambah pengetahuan anak-anak, bisa tergolong sebagai tempat wisata edukatif . Selain itu, tempat ini juga menyediakan permainan Gokart dan flying fox. ga salah deh, kalau tempat ini masuk list perjalanan wisatamu saat ke Batam. Miniatur Rumah Adat.

Miniatur rumah adat

Image

Patung hewan…Luccuuu yaaa…!!!!

Mesjid Raya Batam

   Masjid Raya Batam (MRB) meraih Masjid Award 2009 dari Dewan Masjid Indonesia (DMI) Pusat. Mesjid ini emang Indah, arsitekturnya Q-ren bowww  (bahasa allayyy nya gitu). Buat yang muslim, sempatkan datang dan sholat ke Mesjid ini yaaa…!!! selain bisa foto di depan mesjid, kita juga bisa foto dengan latar belakan tulisan Welcome to Batam. (tetap Narsizzz kapanpun, dimanapun😀 ). Apalagi kalau malam hari,,,mirip seperti Piramid lho mesjidnya ^___^.

Image

Mesjid Raya, batam

Image

Welcome To Batam

Itulah tempat – tempat yang bisa Aku kunjungi seharian di Batam,,,,^_____^

Ini CERITA KU,,,,Apa ceritamu…????????

^______^

Komentar
  1. vie87 mengatakan:

    Uhuyyyy … update juga nih blognya🙂

    Keep writing ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s